Cara Perawatan DVD/CD-ROOM



Sebelum ke permasalahan, saya akan coba uraikan beberapa pengertian DVD/CD-ROOM. CD-ROOM adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan CD.CD-RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis di kepingan CD Blank. Adapun DVD-ROOM adalah drive yang bisa membaca kepingan CD dan juga mampu membaca kepingan DVD. SedangkanDVD Combo adalah drive yang menggabungkan kemampuan DVD-ROOM dan CD-RW. Terakhir yang lebih canggih saat ini yaitu DVD-RW mampu membaca semua jenis CD dan DVD dan mampu membaca DVD-RAM juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik CD Blank, DVD Blank, dan juga DVD-RAM.
Oke langsung sekarang bahas permasalahan beberapa hal yang sering terjadi dan termasuk merawat juga agar CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW panjang umurnya. Perhatikan uraian di bawah ini :
  1. Salah Masukkan CD/DVD. Letakkan CD/DVD supaya sisi cetakan yang selalu berada di sebelah atas. Pada sebagian besar drive, anda perlu memusatkan CD/DVD dalam indentation pada drive tray. Untuk beberapa drive-khususnya komputer notebook-perlu benar menekan lubang di pusat CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW lewat lingkaran pada drive tray.
  2. CD/DVD Kotor. Disk yang kotor atau tergores tidak akan bekerja dengan sempurna, meskipun bisa tidak akan beraturan. Anda bisa bersihkan CD/DVD dengan kain kering yang bersih atau pembersih khusus.
  3. CD/DVD Tak Sesuai. Jika drive menampilkan pembacaan disk secara benar, tapi tak bisa mengakses data, periksa disk yang dimasukkan dalam drive. Bisa jadi salah memasukkan CD/DVD.
  4. Autoplay Disabled. Dengan Default, Window Otomatis menjalankan CD/DVD saat anda memasukkan kedalam drive CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW. Jika CD/DVD tidak otomatis Start, bisa jadi detting aotuplay mati. Lakukan dengan cara Klik Start klik kanan My Computer > Properties > Hardware >Device Manager klik icon tanda plus (+) pada kiri option DVD/CD-ROOM. Pilih Drive DVD/DVD-ROOM, klikProperties pada tab manager DVD/CD-ROOM klik Properties centang pada Enable digital CD audio for this CD-ROOM device. Restart komputer untuk akses setting baru.
  5. Perfomance Kurang Baik. Asap atau kotoran yang melapisi lensa atau prisma dalam drive, termasuk penyebab perfomance yang kurang baik. Sebagian besar drive DVD/CD-ROM mencengkeram disk pada tempat yang kombinasi lingkaran karet dengan sebuah magnet. Jika lingkaran karet terlapisi oleh debu atau kotoran, maka cengkeraman disk tidak dapat cukup erat, menyebabkan slip saat disk berputar dan drive tidak akan dapat membaca sebagaimana mestinya.
  6. Kegagalan Komponen. Jika drive sedikit “bingung” merespon, mungkin saja koneksi atau kabel power ke komputer mengalami masalah. Untuk memeriksa problem ini buka Casing PC, pastikan seluruh sambungan DVD/CD-ROM ke board sircuit terpasang dengan baik.
  7. Drive Letter Baru. Jika menginstall hard drive kedua atau mempartisi hard drive yang ada, penandaan drive letter ke DVD/CD-ROM pada drive letter lamanya. Perlu mereinsatall program-program ini.
  8. Drive Tak Bisa Buka/Tutup. Jaga selalu tray DVD/CD-ROM agar tetap tertutup saat tidak digunakan untuk menukar disc (menutup tray juga mengurangi kesempatan kotoran memasuki bagian dalam drive). Jika tombol bagian luar telah aus dan tidak bisa atau lama membuka tray drive, masukkan sebuah pin atau potongan kertas dalam lubang kecil pada muka drive DVD/CD-ROM. Jika tray tidak menutup, pastikan tak terdapat sesuatupun yang mengganjal tray, seperti memasukkan disc dengan tidak benar. Jangan memberi tekanan keras ketika menutup tray driver DVD/CD-ROM dan hindari menutup tray saat komputer sedang mati, bisa merusak komponen bagian dalam drive. Tray drive harus ditutup dengan tekanan yang lunak.

    sumber : onesetia82.wordpress.com

Tidak ada komentar: