TUTORIAL MEMBUAT VIDEO DENGA SOFTWARE SONY VEGAS


   PENGENALAN SONY VEGAS
Saya yakin Anda sudah pernah mendengar tentang program Video Editing Sony Vegas. Yup,program yang satu ini sebenarnya hanya kalah pamor dibandingkan dengan Premiere keluaranAdobe. Padahal sekali saja kita menggunakan Vegas, hampir dipastikan ogah balik ke Premiere.Mengapa? Karena fitur Vegas sama dengan fiturnya Premiere.Pada banyak kasus, penggunaan Vegas lebih gampang dan bekerja pada berbagai format video.Kita tinggal tambahkan plugin yang sesuai, udah langsung bisa diedit pake Vegas. Okenya lagi,Vegas lebih enteng. Yang paling saya suka, untuk menyeleksi dan menggabungkan frame, kitahanya perlu klik lalu drag ke timeline.Ini sangat memudahkan dalam menyusun klip video.Terus terang tutorial ini lebih cocok untuk pemula yang pingin memakai Vegas.Jadi saya akantunjukkan fitur-fitur dasar yang paling penting untuk dipahami, lalu langkah dasar untuk memulai video editing menggunakan Vegas.Sebagai contoh, saya menggunakan Vegas 10.Iniadalah versi yang terbaru. Jika Anda punya versi di bawahnya, tidak apa. Mirip banget kok.Yang pertama harus diketahui adalah mengenai panel dan fungsi dasarnya pada interface Vegas10 ini. Lihat screenshot di bawah.
1. Jendela Explorer berfungsi untuk membuka path atau alamat file video yang akan diedit. Padapanel itu pula terdapat tab untuk efek transisi, dan tab video effect. Semua clip video yang kitaedit akan ditampilkan daftarnya di sini. Untuk penggunaan transisi dan video efect akan tulispada tutorial berikutnya.
2. Jendela trimming. Ini adalah panel yang menampilkan timeline clip video. Di sini kita bisamenentukan frame dari video clip, memilih video saja, memilih audio saja, atau melakukancutting clip yang akan kita masukkan ke jendela timeline utama.
3. Jendela preview menampilkan hasil clip video yang hendak diedit, maupun clip yang telahdiedit. Semua clip video jika diputar akan tampil di jendela ini.
4. Jendela track. Berisi track untuk text/title, video overlay, main video, dan voice/backgroundmusic. Kita bisa mengubah urutan track tersebut hanya dengan drag saja. Kita juga bisamenambahkan banyak track dari berbagai jenis fungsi. Berbeda dengan Ulead misalnya, yanghanya menyediakan 3 track, yaitu main video, title, dan background music/voice, kita bisamenambah jumlah track ini berapapun yang kita mau.
5. Jendela timeline. Ini adalah panel utama tempat melakukan editing clip video.Di sini kita bisamenggeser potongan klip pada posisi yang kita kehendaki, menambahkan transisi, menambahberbagai efek, mengatur sinkronisasi video-music-title, dan sebagainya.6. Jendela Master volume. Panel ini berfungsi untuk mengatur level volume audio/music darisuatu klip secara global. Artinya kalau ditingkatkan, maka volume semua clip akan meningkatdan sebaliknya.Nah, itu dulu pengenalannya. Tutorial berikutnya tentang cara memasukkan klip video ke Vegas
CARA TRIMING vIDEO

Sekarang kita akan mencoba melakukan dasar editing yangpertama, yaitu trimming dan memberi efek transisi.Trimming adalah langkah seleksi sebuah klip video sedemikian rupa sehingga tepat bisamenampilkan
action
yang kita inginkan, mulai awal frame hingga akhir frame yang telah kita
tentukan. Yang ini definisi menurut saya sendiri. Hi hi hi…
 Sedangkan efek transisi adalah sebuah efek visual yang biasanya tampil beberapa detik, sebagaipemanis atau hiasan ketika terjadi pergantian visualisasi sebuah klip.
Trimming
 Nah, daripada bingung, mending langsung kita coba biar tahu maksudnya.
1. Buka Vegas Anda
2. Bukalah sebuah klip video yang Anda simpan dari jendela explorer Vegas.
3. Anda bisa lihat pada tab |Project Media| sebelah kiri tampak folder dimana kita menyimpanklip di hardisk. Sedangkan pada tab |Explorer| tampak urutan klipnya. Nah, langkah pertamauntuk melakukan trimming adalah memilih salah satu klip, kemudian langsung drag saja ke jendela trimmer di sebelah kanan.
4. Klik di sembarang tempat padatrack bar di jendela trimmer (bagian berwarna putih), makaakan muncul sebuah garis vertikal memanjang. Garis ini bisa digeser ke kanan dan ke kiri untuk memilih frame. Silahkan geser sambil melihat visualisasi video yang muncul pada preview diatasnya. Jika sudah ditentukan awal frame yang dikehendaki, lalu klik kanan pada garis tersebut,lalu klik lagi pada menu |Marker|, maka akan muncul tanda (marker) awal seleksi frame. Lihatgambar berikut:Jika sudah, langkah berikutnya geser garis tersebut ke arah kanan hingga akhir frame yangdikehendaki, sambil melihat preview di atasnya. Lakukan hal yang sama seperti tadi, klik kananpada garis tersebut dan klik lagi menu |Marker|, maka akan muncul marker akhir seleksi frame.
5. Bila Anda sudah lakukan langkah di atas, maka pada jendela trimmer tampak rentang frameyang dibatasi oleh marker1 dan marker2.
Sekarang kita akan masukkan frame yang sudah diseleksi tadi ke video track padatime line
. Caranya, di tengah kedua marker tadi (rentang frameyang dipilih) lakukan dobel klik, maka frame yang Anda pilih akan tersorot (highlight). Dragframe yang tersorot tadi ke track video pada time line di bawahnya. Lihat gambar
6. Anda sudah selesai melakukan trimming terhadapactionyang Anda pilih. Gampang kan?Lakukan dengan cara yang sama untuk klip video yang lain.
Memberi efek transisi
Sebagai contoh, misalnya Anda sudah melakukan trimming dua buah klip video seperti gambardi bawah ini:Sekarang kita akan memberi sebuah efek transisi agar pergantian adegan dari klip pertama keklip kedua lebih manis.Perhatikan bahwa klip yang ada di track video pada timeline bisa digeser ke kanan dan ke kiri.Bila Anda geser sebuah klip hingga mentok ke kiri, itu berarti awal frame dari klip tersebutsudah berada pada time 0 frame 0, artinya awal dari track video. Sedangkan bila digeser kekanan mungkin saja tak terhingga, bergantung dari durasi waktu film yang dibuat, mulaibeberapa menit hingga berjam-jam.1.Lihat gambar di atas.Misalnya Anda punya dua buah klip video pada timeline.Saya sebut klipsebelah kiri dengan klip1, sedangkan yang kanan klip2. Geserlah klip2 ke arah kiri, maka secaraotomatis awal frame klip2 akan lengket (snap) dengan akhir frame dari klip1. Jika Anda terusmenggeser klip2 ke arah kiri, maka frame klip2 akan bertumpukan (overlap) dengan klip1. Padabagian yang bertumpuk tersebut tampak sebuah angka yang menyatakan waktu overlap(bertumpukan) kedua klip tersebut. Lihat gambar di bawah:Jika overlap framenya tidak jelas, Anda bisa klik pada bagian tersebut kemudian lakukanzooming dengan memutar scroll mouse Anda. Nah, Anda bisa mengatur timing overlap darikedua klip tersebut dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri. Jika muncul angka 3, artinyakedua klip tersebut overlap selama 3 detik.Memangnya buat apa kok harus tahu tentang langkah ini? Ya karena inilah dasar untuk memberiefek transisinya.2.

CARA MEMBERI EFEK TRANSISI PADA VIDEO
Sekarang kita akan beri sebuah efek transisi. Lihat lagi tab explorer tempatpenyimpanan klip-klip video Anda tadi. Di sebelah kanan tab explorer terdapat tab |Transisions|.Jika tab itu di-klik, maka pada bagian kiri akan muncul nama-nama efek transisi default yangdisediakan Vegas. Jumlahnya cukup banyak dan efeknya ciamik. Di jendela sebelah kanan akanmuncul preview visualisasi transisinya.Sekarang pilih salah satu efek transisi yang menurut Anda bagus, kemudian pada previewsebelah kanan silahkan di-klik dan drag menuju ke track video tepat pada bagian yang overlappada kedua klip tadi. Lihat gambar berikut biar gak bingung.Jika muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini, tutup saja.Itu digunakan untuk mengatur efek transisi secara lebih advanced. Nanti kalau sudah lebihmahir, Anda boleh eksporasi fitur tersebut

Oke, Anda telah selesai memberi sebuah efek transisi.Sekarang tempatkan kursor pada awal frame klip1 dan tekanlah spacebar keyboard Anda. Vegasakan menjalankan klip yang telah disunting, dan bisa diamati hasilnya pada jendela previewsebelah kananItulah dasar video editing. Langkah trimming itulah yang sebenarnya merupakan langkah vitaldalam melakukan pemenggalan (cutting) dan penggabungan (joining) klip video, sehinggamenjadi kesatuan alur cerita visual yang menyatu, logis, dan enak ditonton. Tetapi justru langkahinilah yang secara estetis (bukan teknis) malah sulit untuk diajarkan, jadi harus di pelajarisendiri.Oleh karena itu bila Anda tertarik pada bidang video editing, banyak-banyaklahmengamati visualisasi film. Dari sana kita bisa banyak belajar dengan meniru visualisasinya.Sedangkan efek transisi, meskipun bisa dianggap sebagai pemanis pergantian klip, tetapisebaiknya tidak asal pilih atau asal kita suka. Biasanya efek yang sederhana justru lebih bagusdaripada efek transisi yang terlalu ramai atau norak.Salah satu penilaian sederhana dariprofesionalitas sebuah video editing bisa dilihat dari pemberian efek transisi.Lihat saja paranewbie atau layanan video editing amatiran. Kebanyakan efeknya norak dan tidak 
mempertimbangkan ‘jiwa’ sebuah klip dengan klip berikutnya.

cara menyisipkan background music dan cara mengaturnya 

Melanjutkan tutorial video editing Sony Vegas kali ini, saya akan jelaskanmengenai cara menyisipkan background music dan cara mengaturnya. Kalau belum membacatutorial yang dulu lebih baik baca dulu tutorial video editing Sony Vegas tentang pengenalanfungsi serta cara trimming dan transisi. Oke. Misalnya kita sudah punya klip video yang telah diedit dengan cara yang dulu saya jelaskan, sekarang kita akan membuat background musik untuk klip tersebut. Buka Sony Vegas,kemudian pada jendela explorer carilah folder tempat Anda menyimpan file musik. Lihat sebelahkanan jendela explorer, itu adalah isi folder musik.Kita bisa masukkan hampir semua formataudio, mulai wav, mp3, hingga cda (audio CD). Langsung saja klik dan drag file musik tersebutke track music, di bawah track voice. Lihat gambar di bawah.Lihat skrinsot berikut ini, file musik yang telah kita drag ke track music akan divisualisasikandalam bentuk grafis. Ini akan mempermudah handling nantinya. Perhatikan baik-baik tandapanah yang saya beri nomor, dan baca keterangan di bawah ini

·       1A : perhatikan segitiga biru kecil - bagian ini disebut
·       fade in control
·       berfungsi untuk mengatur volume fade (
·       menaikkan
·       volume pelan-pelan, secara linear atau logaritmik).Kalau gak tahu artinya, abaikan saja,
·       1B : segitiga biru kecil

·       bagian ini disebutfade out controlberfungsi untuk mengaturvolume fade (menurunkanvolume pelan-pelan, secara linear atau logaritmik). Cara menggunakan keduanya sama,
·       dekatkankursor mouse hingga kursor berubah menjadi tanda panah bidirectional kemudian klik + tahan + drag.

·       2A : garis vertikal bagian ujung sebelah kiri dari awal klip musik bagian ini disebuttrimmer controlberfungsi memotong klip musik pada time tertentu

·       2B : garis vertikal bagian ujung sebelah kanan dari akhir klip musik bagian ini disebuttrimmer controljuga, dan berfungsi memotong klip musik pada time tertentu. Caramenggunakan keduanya sama, dekatkan kursor mouse hingga kursor berubah menjaditanda panah bidirectional, kemudian klik + tahan + drag. Sangat penting: jika bagian ini di-dragke kiri, maka klip musik akan terpotong (trimming) hingga time yang Anda tentukan.Tetapi jika di-drag terus ke kanan, maka klip musik akan diulangi dan disambung denganklip yang sama (repeating) hingga time yang Anda tentukan.
·       3 : garis horizontal paling atas dari klip musik bagian ini disebutvolume clip control berfungsi mengatur level volume klip musik. Cara menggunakannya, dekatkan kursormouse hingga kursor berubah menjadi tanda panah bidirectional, kemudian klik + tahan +drag ke bawah untuk mengurangi level volume.Lihat contoh skrinsot di bawah biar lebih jelas.Nah, sampai di sini kita telah belajar menambahkan background musik, kemudian melakukanleveling dan fadingSekarang bagaimana jika sebuah klip video kita terdapat adegan seseorang sedang berpidatodalam penyambutan acara tertentu? Tentunya kita tidak ingin suara (voice) orang tersebuttertutup oleh background musik, karena seharusnya suara pidato tersebut yang kita tonjolkan.Caranya, kita turunkan volume background musik sesaat sebelum pidato dimulai, danmengembalikan ke level semula setelah pidato selesai. Paham maksud saya?Caranya begini: Klik pada sembarang bagian pada track music / klip musik, lalu pada menu bardi sebelah atas klik | Insert | Audio Envelopes | Volume | atau tekan | Shift+V |maka akan munculgaris biru horizontal di sepanjang track musik. Itulah
         volume track control
 Untuk menurunkanvolume pada suatu time tertentu, silahkan dobel klik pada volume line tersebut di dua tempat.Pertama dobel klik biasa dan biarkan. Kemudian di sebelahnya dobel klik lagi kemudian drag kebawah hingga level yang diinginkan. Sedangkan untuk mengembalikan ke level semula, padasuatu bagian time tertentu silahkan dobel klik dan biarkan, kemudian dobel klik lagi disebelahnya dan drag ke atas hingga mencapai level tepat seperti semula. Lihat gambar berikut.Lantas, apa bedanya volume track control dengan volume clip control? Volume track controldigunakan untuk mengatur seluruh volume suara klip yang ditempatkan pada track music.Sedangkan volume clip control digunakan untuk mengatur level volume setiap masing-masingklip

CARA MEMPERBAGUS TRANSISI ANTAR KLIP MUSIK DENGAN MEMBUAT EFEK CROSSFADING

Drag saja klip musik di sebelah kanan ke arah kirihingga terjadi tumpang tindih (overlap). Maka pada bagian yang overlap tersebut suara klipsebelah kiri akan mengecil secara perlahan, sedangkan suara klip sebelah kanan akan  membesarsecara perlahan pula. Itulah efek yang disebut crossfading.Ini adalah seri terakhir tutorial video editing menggunakan Sony Vegas. Jika belum membacamulai awal, inilah serinya:


Jika sudah mencoba melakukan editing video dengan Sony Vegas seperti tutorial tersebut, makalangkah terakhir adalah membakar (burning) klip video tersebut ke media CD atau DVD.Membakar video ke CD atau DVD sangat bergantung pada jenis proyek video yang telah kitatentukan sebelum melakukan editing video, apakah ingin membuat video CD ataukah jenis videoDVD. Jika ingin membuat video CD, maka format video editingya harus diset ke jenis kompresimpeg1 atau mpeg2.Bila ingin membuat video DVD maka jenis kompresinya minimal harusmpeg2.Pada banyak jenis video biasanya memiliki menu pilihan untuk diputar.Menu ini tampil pertamapada saat keping CD/DVD diputar pada player.Umumnya menu ini selalu didapati pada formatDVD.Ada banyak program untuk membuat menu semacam itu.Ada yang program mandiri khususuntuk membuat menu DVD, ada pula yang terintegrasi seperti Ulead yang mulai seri 12 telahdiambilalih oleh Corel.Kalau saya lebih suka menggunakan Sony DVD Archithec.Itu programkeluaran Sony juga yang khusus digunakan untuk membuat menu DVD.

CARA BURNING DVD SONY VEGAS
Sekarang kembali ke proyek video Anda. Seumpama semua langkah editing sudah selesai,kita akan melakukan finishing dengan memindahkan hasil editing video ke format CD/DVD agarbisa diputar langsung pada DVD Player.Ada dua cara untuk melakukan burning video dengan Sony Vegas.

·       Cara pertama adalah on the fly burning, dengan cara ini kita bisa langsung membakar DVD melalui Sony Vegas. Saya tidak merekomendasikan cara ini, karena begitu dijalankan maka Sony Vegas akan merender videodan langsung melakukan burning. Jika ada kesalahan editing, maka kita harus memperbaikinyakembali, dan artinya kita akan buang keping DVD yang sudah terlanjur terbakar tadi. Jadi tidak efisien.

·       Cara kedua, kita convert hasil editing tersebut ke format kompresi mpeg1 atau mpeg2, barudiburning menggunakan program lain semisal Nero atau Ashampoo. Cara ini lebih efektif,karena setelah selesai merender ke format mpeg, kita bisa melihat dulu apakah hasil edit videosudah fix atau belum. Jika ada kesalahan kita bisa perbaiki lalu merender ulang file mpegtersebut. Kalau sudah fix baru diburning. Menurut saya ini lebih efisien karena tidak akanmembuang keping DVD secara percuma.Yang saya akan bahas adalah cara kedua. Untuk memulainya silahkan klik menu | File | di pojok kiri atas. Klik menu |Render As | (Jika ingin mencoba cara pertama silahkan klik | Make Movie|). Lihat gambar di bawah.Setelah kita pilih | Render As | akan muncul  File Path : isikan nama file dan tempat dimana akan menyimpan file videonya.

·       Format : pilihmpeg1 untuk membuat VCD, atau mpeg2 untuk membuat DVD


·       Template : pilih DVD PAL. Ini dikarenakan mayoritas player di Indonesia menggunakan tipe PAL.


Namun kalau yang lain biarkan saja seperti biasa. Jika sudah silahkan klik
 | Next | dan Sony Vegas akan melakukan rendering.Tunggulah hingga proses rendering selesai. Ini bisa beberapa menit hingga beberapa jam,bergantung pada besar video dan spesifikasi komputer Anda.Jika sudah selesai, kita bisa mencoba putar di Windows Media Player atau program lain untuk melihat apakah hasil editing kita telah fix ataukah masih ada kesalahan. Jika sudah fix kita siapmemindahkannya ke media DVD. Anda bisa gunakan DVD burning semacam NeroJika ada pertanyaan, koreksi, atau tambahan, silahkan cantumkan di kolom komentar.Selamat mencobaSaya telah menuliskan tutorial video editing menggunakan Sony Vegas 10 sebanyak tiga seri,dimulai dari pengenalan fungsi, cara trimming dan dan memberi efek transisi,dan membuat
 
background musik dan cara mengaturnya.Pada posting kali ini saya akan uraikan cara membuatteks pada klip video kita.Langkah memberi teks ini dalam teknik video editing disebut dengantitling
. Meski begitukenyataannya teks bukan hanya untuk judul video saja, melainkan untuk banyak tujuan.Misalnya titling saat opening video, subtitling (terjemahan), atau crediting pada ending video.Walah! Udah gak usah ngurusin macem-macem istilah kayak gitu. Langsung saja silahkan bukaVegas Anda.Saya asumsikan saat ini Anda sedang mengedit sebuah klip video dan sudah memberibackground musik pada klip Anda seperti petunjuk pada tiga tutorial sebelumnya. Misalnyasekarang kita akan membuat sebuah teks untuk menampilkan informasi dimana dan kapansebuah klip video di-shoot. Yang harus kita lakukan pertamakali adalah menentukan padatimeline berapa suatu teks tepat akan muncul. Lihat screenshot berikut.Untuk membuat teks, lakukan langkah berikut:
 Tentukan dimana teks akan muncul dengan menggeser timeline, sambil mengamatidisplay monitor di sebelah kanan.Jika sudah ditentukan, arahkan mouse pada garis timeline dan klik kanan terus klik Insert TextMedia. Akan muncul menu baru .

 

Ø Perhatikan tab Edit : berfungsi untuk menulis teks. Di sini kita bisa mengatur jenis,ukuran font, dan paragraf. Sebaiknya gunakan font sederhana agar tampak jelas waktutampil di layar TV

Ø Tab Placement : untuk menentukan posisi teks yang muncul di layar. Kita bisa denganbebas menggeser posisi teks, sambil perhatikan display monitor di sebelah kanan.Gunakan pedoman safe margin yang tampak sebagai kotak merah di sana. Jika posisi tekskeluar dari batas tersebut, itu akan berakibat terpotongnya tampilan teks di layar TV.

Ø Tab Properties : untuk memberi efek warna font serta background.

Ø Tab Effects : untuk memberi efek pada font, misalnya garis tepi font (outline), shadow,atau deformation.Nah silahkan berkreasi sendiri dengan mengatur berbagai parameter pada tab-tab tersebut. Jikasudah selesai, tutup jendela tersebut, maka akan muncul sebuah klip teks yang telah Anda buat.Lihat gambar berikut.
 
 Cobalah lakukan preview dengan menekan space tab pada keyboard Anda dan amatilah hasilnypada display monitor. Jika timing munculnya teks kurang pas, Anda bisa menggeser klip tekstersebut ke kanan atau ke kiri.Selain itu kita bisa memberi efek shading saat awal teks muncul dan saat akhir teks lenyap.Caranya sama dengan tutorial trimming klip video yang dulu.Tampilan klip teks tersebut bisa dipercepat atau diperlambat sesuai dengan tema action pada klipvideonya. Untuk mempercepat tampilan klip teks, tempatkan kursortepat pada batas akhir klipteks sebelah kanan, klik + tahan, lalu geser ke kiri hingga posisi yang dikehendaki. Lakukansebaliknya jika ingin klip teks tampil lebih lama.Mau cara titling yang instant? Gampang! Lihat jendela atas kiri pada bagian navigasi.Buka tabMedia Generator | Credit Roll/Text, lalu lihat jendel sebelah kanannya.Banyak tersedia berbagai jenis titling dengan berbagai efek.Tinggal pilih, drag ke text track (text timeline), lalu atur ulangsesuai parameter yang Anda kehendaki.Selesai.Apa yang Anda pelajari di atas hanyalah teknik dasar. Pada kenyataannya jika Anda maumencoba mengeksplorasi menu Text Media Generator tersebut, maka akan Anda dapati banyak setting menu untuk menampilkan beragam variasi. Semua bergantung pada kemauan dankreativitas Anda.

10 komentar:

Unknown mengatakan...

gan, izin copas yaa

Admin mengatakan...

Silahkan mas,, sedot aja :D
maap kalo terlalu panjang teks nya

Endjru mengatakan...

Gan,, gimana caranya menyimpan video kita dengan lengkap

Anonim mengatakan...

klo mau gitu tinggal di rendering aja, kklo udah dibuka sama vlc/winplayer bisa kok

mentexs mengatakan...

kalau mau membuag transisi dari klip yg sudah kita tambahkan bagaimana??

FerySF mengatakan...

Gan, Cara membuat Efek suara nya semakin lama semakin Kecil Gmna Gan?

Unknown mengatakan...

gan gimana membuat arah panah menjadi baguss

Qayyum Deyatari mengatakan...

permisi mau tanya kok vegas pro saya durasinya cuman 6 menit sih?
itu kenapa?

ervi mengatakan...

Sony Vegas mantab....q dah bersahabat ama sony vegas dari Versi 5 ampek Pro 11 hasilnya baguss.... juga enteng gt loh.....

Unknown mengatakan...

gan klo abis open file truskan video langsing ke timeline kok di bawah video gada audionya ya? kenapa? newbie gan?